Halaman

    Social Items

Cara Mendapat Uang Di Internet Khusus Pemain Blog


Jika anda membaca artikel ini, anda berarti sudah membuktikan ketertarikan anda terhadap dunia blogging dan ikut serta dalam bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di dunia maya hanya dengan menuliskan artikel/postingan saja.
- Pembukaan -
Kebanyakan orang masih merasa ragu apakah ngeblog bisa menghasilkan uang atau tidak, wajar saja, dari sudut pandang orang awam tentunya menghasilkan uang dari blog itu mungkin yaitu hal yang mustahil.

Nah, untuk menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut, saya akan memuat hal hal yang sering kali dipertanyakan seorang blogger terkait monetise blog.

  • Apakah Mendapatkan Uang dari Mengelola Blog/Website Itu Adalah Hal Yang Mungkin?

    Yup, mendapatkan uang di internet dengan mengelola sebuah blog bukan lagi menjadi sebuah mimpi, sebagai teladan saya, saya sudah sekitar 2 tahun bekerja dalam bidang ini, walaupun penghasilan yang didapatkan tidak sebanyak pekerjaan fisik, setidaknya saya lebih betah bekerja sebagai seorang blogger, terlebih lagi ini alasannya yaitu blogging yaitu salah satu hobi saya.

    Selain saya, blog blog lainnya saya yakin sudah berhasil mendapatkan uang dari blog mereka, walaupun besar kecilnya penghasilan yang mereka sanggup tergantung dari perjuangan yang mereka lakukan untuk mengelola blog itu sendiri.

  • Apa Kelebihan Bekerja Sebagai Seorang Blogger Dibanding Pekerjaan di Dunia Nyata?

    Jika ditanya kelebihan bekerja sebagai seorang blogger, kelebihan yang paling mencolok yaitu dalam hal kebebasan dalam pekerjaan, kita sanggup libur atau bekerja sesuka hati kita, blogging is freedom

    Selain itu, orang orang yang mempunyai hobi menulis sanggup mengekspresikan hobi mereka kedalam pekerjaan yang satu ini. Jika anda mempunyai hobi menulis, tak ada salahnya anda mencoba bisnis yang satu ini, daripada anda justru mendapatkan pekerjaan di dunia faktual yang membuat anda bekerja secara terpaksa alasannya yaitu anda tidak menyukai pekerjaan tersebut.

  • Dengan Bekerja Sebagai Seorang Blogger, Anda Dapat Menentukan Besar Kecilnya Penghasilan Yang Anda Dapat!

    Seperti yang saya sebutkan diatas, blogging is freedom, kita sanggup memilih apapun yang terjadi pada bisnis kita ini, bahkan anda sanggup memilih penghasilan yang anda sanggup sesuka hati anda, like a boss bukan?

    "Dapat memilih besar kecilnya penghasilan yang didapat" yaitu kalimat yang menyatakan kebenaran, alasannya yaitu anda memang benar sanggup memilih honor yang anda dapatkan sesuka hati,
    bagaimana caranya?

    Fokuskan diri, perbanyak dan tingkatkan kualitas konten dalam artikel anda, semakin banyak perjuangan yang anda lakukan, semakin banyak pula hasil yang anda dapat.
  • Pandangan Seorang Pemula: "Blogger Tidak Mungkin Dapat Menghasilkan Uang. Memangnya Siapa Yang Mau Membayar Kita di Internet? Ga Ada!"

    Tak jarang orang awam mempertanyakan kebenaran apakah blogging itu memang benar benar sanggup menghasilkan uang atau tidak, alasannya yaitu orang awam resah perihal bagaimana seorang blogger mendapatkan uang dari internet, terutama sering terdapat pertanyaan, "siapa yang membayar seorang blogger?"

    Mayoritas kalangan blogger dibayar oleh situs pengiklan, dalam hal ini, iklan banyak jenisnya, mulai dari PPC (Pay per Click/Komisi yang diberikan akan bertambah sesuai dengan jumlah klik iklan), CPM (Cost per Mile/Komisi yang diberikan akan bertambah sebanyak iklan dimunculkan) dan masih banyak lainnya.

  • Pandangan Seorang Pemula: "Jikapun Benar Blogger Digaji, Memangnya Bagaimana Cara Blogger Menerima Uang Tersebut di Internet? Gak ada!"

    Sesuai perkembangan jaman, ketika ini ada ratusan cara mendapatkan uang walaupun mempunyai jarak yang berjauhan, dari akseptor ke pengirim. Pernah mendengar
    paypal? western union? payonner? payza? check? webmoney?

    Nah, itulah beberapa cara seorang blogger mendapatkan uang mereka, mereka sanggup mencairkan honor mereka dari bank bank online menyerupai paypal, payza, webmoney ke rekening bank lokal.
  • Pandangan Seorang Pemula: "Ah, Ngeblog Itu Sulit, Harus Bisa Programming dan Modal Harus Banyak!"

    Gak juga, saya memulai karir saya sebagai seorang blogger dengan pengetahuan yang sangat minim, saya memulai karir saya hanya dengan bermodalkan pengetahuan yang saya dapatkan dari dingklik SMA.

    Ngeblog itu tidaklah sulit, alasannya yaitu anda akan disediakan ratusan CMS (Content Management System) yang sanggup mempermudah anda untuk me-manage situs anda. Kaprikornus anda hanya tinggal klik sana klik sini untuk mengatur tampilan situs, yang perlu anda lakukan hanyalah memperbanyak artikel dan postingan dalam blog anda

    Sedangkan untuk biaya sendiri saya hampir tidak bermodalkan sepeserpun! Ngeblog itu yaitu satu satunya bisnis yang tidak memerlukan modal yang besar, alasannya yaitu hanya dengan bermodalkan koneksi internet, anda sanggup mengais dollar di internet.

    Untuk layanan gratis, anda sanggup memanfaatkan blogger (blogspot) ataupun wordpress untuk membuat website anda, anda hanya tinggal melaksanakan update artikel dan siap bekerja
  • Pandangan Seorang Pemula: "Membuat Website Itu Sulit!"
    Seperti yang saya sebutkan diatas, membuat blog tidaklah sulit, anda hanya memakai CMS (Content Management System) untuk mengelola blog anda.

    CMS terpopuler sekaligus gratis ketika ini yaitu wordpress, anda sanggup memulai mencar ilmu dalam dunia blogging dengan memakai wordpress.

    Namun saya sarankan, akan lebih baik anda memakai blogger.com (blogspot) terlebih dahulu, alasannya yaitu wordpress sudah memakai bahasa pemprograman php untuk melaksanakan konfigurasi template (tampilan situs) yang mungkin sanggup mempersulit anda, selain itu, untuk layanan wordpress (free) mempunyai beberapa batasan.
- Isi -
Setelah anda membaca goresan pena tulisan diatas, saya yakin keraguan anda akan hilang dalam sekejap. ketika anda sudah membaca goresan pena tulisan diatas dan sudah merasa mempunyai tekad yang besar lengan berkuasa dalam memulai karir sebagai seorang blogger, mari kita kembali topik pertama, yakni Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Untuk Pemula

messageText SelectQuoteContainer ugc baseHtml Cara Mendapatkan uang Di Internet Khusus Pemain Blog

Blogger sendiri mempunyai cara cara yang berbeda dalam membuat semoga blog mereka sanggup menghasilkan uang, alasannya yaitu banyaknya cara yang sanggup dilakukan untuk mendapatkan uang dari blog, saya akan mencoba mengupas habis bagaimana metode menghasilkan uang dari pekerjaan yang satu ini, diantaranya:

#1. Cara Paling Populer & Telah Dilakukan Oleh Mayoritas Blogger Untuk Menghasilkan Uang: Memasang Iklan
Memasang iklan yaitu cara yang paling sering dilakukan oleh seorang blogger untuk membuat blognya sanggup menghasilkan uang, mulai dari blog kecil hingga besar sanggup memasang iklan, dan tentunya, ini sangat menjanjikan





Anda tidak perlu mencari pengiklan secara manual untuk mengiklan di situs anda, anda cukup cari perusahaan pengiklan (dalam hal ini situs pengiklan) sebagai pihak ke-3 untuk menghubungkan publisher (penerbit/anda) dengan advertiser (pengiklan). Dengan begitu, kau hanya perlu mendaftar sebagai publisher di situs itu, pasang instruksi iklan yang diberikan, dan nikmati dollar dari internet




Setiap situs pengiklan mempunyai ketentuan & kebijakannya sendiri dalam pembagian komisi ataupun metode pembayaran, untuk info lebih lanjut perihal kapan blog anda dibayar, anda sanggup mencarinya di kebijakan situs itu sendiri.




Setiap situs mempunyai prosedur pembagian komisi yang berbeda beda. Namun secara mayoritas, pembagian komisi kepada publisher yang diberikan yaitu sebagai berikut:
  • PPC ( Pay Per Clik )
    PPC yaitu salah satu bentuk pembagian komisi yang biasanya dilakukan oleh situs pengiklan.

    Dalam situs pengiklan yang memakai pembagian komisi PPC, anda akan dibayar sesuai banyaknya klik yang terjadi pada iklan anda. Artinya, semakin banyak klik yang terjadi (pada iklan), semakin banyak pula penghasilan yang anda dapat

  • CPM ( Cost Per Miles )
    CPM yaitu abreviasi dari "biaya per 1000 impresi." Pengiklan yang menjalankan iklan CPM menetapkan hargayang diinginkan per 1.000 iklan yang ditayangkan dan membayar setiap kali iklan mereka muncul.

  • CPA ( Cost Per Action )
    CPA abreviasi dari Cost Per Action, lebih jelasnya penyedia iklan akan membayar anda jikalau pengunjung melaksanakan action sesuai yang mereka harapkan. contohnya: anda akan dibayar jikalau pengunjung melaksanakan polling, survey, dsb.

  • PPI (Pay per Install)
    Publisher (anda) akan dibayar apabila ada orang yang menginstall jadwal di komputernya melalui iklan yang dipasang di situs anda.

    Semakin banyak installasi yang terjadi, semakin banyak pula dollar yang anda dapat

  • Afiliasi
    Cara menghasilkan uang dengan cara kita bergabung sebagai pemasar produk ( affiliate marketers ) kepada pemilik produk ( affiliate merchant ) untuk menjualkan produknya dan kita dibayar sesudah berhasil menjual produk milik affiliate merchant tersebut.

    Model bisnis ini merupakan model bisnis yang sangat usang dan dalam kehidupan sehari – hari kita mengenal adanya calo, broker atau mediator yang kesemuanya menerapkan cara bisnis ini.

  • Shortener Link
    Seperti namanya, shortener berarti pemendek link. Shortener link sering dipakai para blogger untuk menyampaikan link perhiasan pada link download, antara situs anda dengan situs download (seperti solidfiles, tustifiles)

    Semakin banyak orang yang mengunjungi shortener link anda ini, semakin banyak pula penghasilan yang anda dapat.




PPC (Pay per Click):
  • Google Adsense
  • Sitti.co.id
  • KlikSaya.com
  • KumpulBlogger.com
Atau baca selengkapnya disini: http://goo.gl/JSl0tN
CPM (Cost per Mile):
  • PopCash.net
  • PopAds.net
  • Onclick
Atau baca selengkapnya disini: http://goo.gl/jgDVxi
CPA (Cost per Action):
  • Innity.com
  • Adstar.co.id
  • Adplus.co.id
PPI (Pay per Install)
  • Uc-union.com
  • Boostads.net
  • Anizan
Afiliasi
  • Lazada.co.id
  • Amazon.com
  • blibli.com
Link Shortener
  • ADF.LY
  • SHORTE.ST
  • BC.VC
  • LINKSHRINK.NET
  • LINKBUCKS.COM
  • ADFOC.US




Google Adsense (PPC) yaitu jadwal pengiklan terbaik ketika ini, dimana google menyampaikan bayaran yang cukup besar, yakni mulai dari $0,03-$0,1 per kliknya, bayangkan, jikalau terdapat 100 orang yang mengklik iklan anda per harinya, anda akan sanggup mendapatkan $3 atau sekitar 40 ribu IDR per harinya, honor yang cukup besar untuk pekerjaan yang sangat santai.




Kalau ditanya besar atau tidaknya itu tergantung dari perjuangan masing masing. Dengan nilai harga $0,03-$0,1$ rasanya sudah sanggup digolongkan kedalam harga yang cukup menggiurkan, bayangkan, hanya menunggu pengunjung dengan mengklik iklan, kita akan mendapatkan penghasilan yang santai.

Bahkan diluar sana, ada orang yang bisa menghasilkan hingga $1000/ bulan, yang sudah cukup untuk memenuhi kehidupan sehari harinya, hanya dengan menulis artikel, mereka mendapatkan uang, menarik bukan?

#2. Membuat Situs Toko Online
Membuat toko online juga yaitu pilihan kedua para blogger untuk menghasilkan uang dari blog mereka, ini sangat cocok bagi anda yang tidak mempunyai modal untuk menyewa bangunan untuk membuka perjuangan di dunia nyata. Berbeda dengan cara pertama (Cara Paling Populer & Telah Dilakukan Oleh Mayoritas Blogger Untuk Menghasilkan Uang: Memasang Iklan), sumber penghasilan membuat toko online bukan berasal dari pihak ketiga, melainkan dari costumer langsung






Toko Online Mandiri adalah sebuah toko online yang mengharuskan anda membuat sendiri (atau bisa sewa jasa) sistem perbelanjaan dalam situs anda, menyerupai prosedur situs, hosting, dan management sistem server. Maka dari itu, membuat toko online berdikari dianggap hal yang sulit bagi seorang pemula.

Sedangkan Toko Online Numpang adalah sebuah toko online yang memungkinkan anda numpang di situs situs besar untuk memperjualkan situs anda, menyerupai halnya menyewa kawasan di sebuah .mall.





Pernah nonton iklan di tv tv? Nah, ada sebuah iklan yang membuktikan beberapa situs yang mempromosikan toko online mereka, disanalah anda sanggup membuat situs toko online anda secara gratis.

Untuk mempermudah anda mencari situs toko online yang sanggup anda gunakan sebagai media menampung toko online anda, berikut saya rekomendasikan beberapa situs toko online ternama yang memungkinkan setiap orang untuk menjual produk mereka di situs tersebut:

  • Elevenia.co.id
  • Tokopedia.com
  • Rakuten.co.id
  • (selengkapnya sanggup anda cari di google)









#3. Menulis Review Suatu Produk
Karena anda masih pemula dalam dunia blogging, anda mungkin tidak akan mendapatkan anjuran ini dalam waktu dekat, alasannya yaitu hanya blog/situs ternama, mempunyai popularitas, dan traffic tinggi yang akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kesempatan ini.

Namun jikalau anda nanti sudah mempunyai sebuah situs besar, mungkin anda akan mendapatkan kesempatan untuk menambah penghasilan dengan cara ini.

Umumnya, hanya situs besar yang diminta untuk menulis review sebuah produk, dan situs tersebut harus mempunyai kesamaan topik dengan produk yang di review. Sebagai contoh, ketika anda mempunyai situs besar bertopik gaming, anda mungkin akan diminta menulis review dari sebuah game (contoh game online terbitan gemscool) untuk dimuat dalam situs anda. Semakin elok review yang anda buat, semakin banyak pula bayaran yang anda dapatkan.

Teman saya pernah mendapatkan anjuran ini, untuk menulis sebuah review, teman saya ini diberi bayaran dari 500 ribu IDR - 1 juta IDR untuk setiap review.

#4. Menyediakan Slot (Ruang) Di Situs Anda Untuk Memasang Iklan Mandiri
Iklan berdikari yaitu cara mendapatkan uang dengan menyediakan kawasan (spot) iklan di blog Anda. Umumnya, iklan berdikari ini bebentuk banner dengan bermacam-macam ukuran, menyerupai 125×125, 300×250, 160×600, dan 780×90.

Dibanding PCC dan afiliasi, cara ini relatif “gurih” dari sisi pembayaran alasannya yaitu uang akan masuk kantong Anda ketika kawasan iklan Anda dibeli oleh pengiklan. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menunggu dan menyebarkan komisi dengan pihak penyedia PCC atau afiliasi.

Hanya saja, untuk mendapatkan uang dari iklan mandiri, blog Anda harus mempunyai banyak pengunjung setiap harinya. Rumus sederhananya, semakin banyak pengunjung, blog Anda (misalnya 20 ribu pengunjung unik sehari) semakin “seksi” di mata pengiklan alasannya yaitu mereka beranggapan bahwa iklan mereka akan banyak dilihat orang.

Jika Anda masih gres di iklan mandiri, dua artikel berikut sanggup membantu Anda dalam mencari pengiklan dan memilih harga kawasan iklan Anda.






Banyak pendapat yang menyampaikan bahwa mendapatkan penghasilan dengan memasang iklan berdikari yaitu hal yang mustahil, namun anda akan terkejut sesudah mendengar seorang blogger sanggup menghasilkan 10-20 juta IDR hanya dengan memasang iklan mandiri.

Anda sanggup melihatnya disini:

Dengan harga iklan selangit, ia bisa memenuhi blognya dengan iklan iklan dengan harga jutaan rupiah per bulannya. Jika anda malas mengklik link diatas, berikut detail harga iklan yang dipasang di situs tersebut:
  • Iklan PopUnder (Harga iklan Rp 5.000.000,- / bulan)
  • Iklan Livechat Chating Online (Harga iklan Rp 4.000.000,- / bulan)
  • Iklan PopUp Melayang Bawah Ukuran 728×90 (Harga iklan Rp 3.000.000 / bulan)
  • Iklan PopUp Melayang Kiri Ukuran 160×600 (Harga Iklan Rp 3.000.000 / bulan)
  • Iklan PopUp Melayang Kanan Ukuran 160×600 (Harga Iklan Rp 3.000.000 / bulan)
  • Iklan Banner Horizontal Ukuran 728×90 (Tarif Iklan Rp 2.000.000 / bulan)
Menjanjikan bukan?
#5. Menyediakan Jasa
Anda punya keahlian tertentu? Jika ya, Anda bisa mendapatkan uang dengan memperlihatkan keahlian tersebut di blog Anda. Contohnya, jikalau Anda mahir mendesain logo, Anda bisa memperlihatkan jasa pembuatan logo kepada pengunjung blog Anda.

Selain jasa pembuatan logo, jasa-jasa yang biasa ditawarkan oleh blogger antara lain:

  • Jasa mendesain blog
  • Jasa pembuatan blog
  • Jasa SEO
  • Jasa pembuatan artikel bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
  • Jasa penerjemahan
  • Jasa pengetikkan skripsi, tesis, atau disertasi
  • Jasa penerjemahan
  • Jasa pembelian barang
Jika klien Anda tanpa perantara, Anda akan memperoleh 100% uang dari jasa Anda. Jika sebaliknya, Anda harus menyebarkan komisi dengan mediator klien Anda.

Terlepas dari sumber klien, Anda harus memperlihatkan keahlian Anda jikalau ingin banyak klien. Caranya bisa dengan membuat postingan seputar keahlian Anda atau membuat platform. Jika Anda memperlihatkan jasa pembuatan artikel dalam bahasa Inggris, platformnya berupa daftar klien dan kumpulan goresan pena Anda dalam bahasa Inggris.

#6. Menjual Theme atau Plugin
Untuk memperoleh uang, Anda bisa juga menjual theme atau plugin di blog Anda. Anda bisa membuatnya sendiri atau membayar orang lain. Model theme dan plugin yang sering dijual blogger adalah:

  • Theme untuk AdSense, toko online, atau afiliasi Amazon
  • Plugin untuk membuat tabel responsif
Keuntungan dari cara ini yaitu uang pribadi masuk kantong Anda. Adapun kelemahannya yaitu Anda harus menginvestasikan uang yang relatif banyak jikalau Anda memakai jasa programer untuk membuatkan theme atau plugin Anda.

#7. Menjual Blog Anda
Menjual blog yaitu langkah terakhir yang sanggup anda lakukan ketika anda sudah ingin mengakhiri karir anda sebagai seorang blogger.

Mungkin ini yaitu langkah yang terdengar sangat menyedihkan, mengingat blog yang sudah kita kelola, rawat, dan kita sayangi pada hasilnya akan dijual. Walaupun setiap orang mempunyai alasannya sendiri untuk menjual blog mereka (contoh: sibuk dengan pekerjaan di dunia nyata)

Saya pernah mendapatkan anjuran untuk menjual blog saya kepada situs jual-beli ternama melalui email blog saya, berikut isi dari email yang saya terima:





Pada ketika itu, saya diberikan anjuran untuk menjual website saya yang mempunyai traffic 35k PV /day seharga $1000. Karena saya tidak tertarik (karena penghasilan Google Adsense lebih menjanjikan), saya menolak anjuran tersebut, namun alasannya yaitu ia ngotot, ia memperlihatkan $2000, namun sebesar apapun nominal yang diberikan, saya memang tidak tertarik untuk menjual website saya, alasannya yaitu blogging yaitu satu satunya pekerjaan saya satu satunya ketika ini.

- Penutup -
Untuk ketika ini, mungkin beberapa pertanyaan yang anda pendam sudah terjawab, namun sebelum mengakhiri topik ini, saya ingin menyampaikan beberapa saran, atau mungkin meluruskan beberapa pandangan/anggapan salah kepada anda bagi para blogger pemula sebelum anda melanjutkan karir di dunia blogging.

*Saran #1: Jangan Fokus Dengan 'Blog for Money'
Saya yakin semua blogger disini menginginkan blognya untuk menghasilkan uang, begitupula dengan saya. Namun terkadang patokan ini justru membawa efek negatif terhadap berlanjutnya karir seorang blogger, terutama bagi para pemula, kenapa?

Umumnya, ketika seseorang mengetahui bahwa nge-blog sanggup menghasilkan uang, orang tersebut akan konsen untuk membuat blognya semaju mungkin dan melaksanakan segala cara untuk mewujudkan hal tersebut. Tak jarang orang ini melaksanakan hal hal curang dengan melaksanakan pencopasan dari blog lain, dan disinilah karir blogger anda akan segera berakhir.

Google bukanlah sistem yang bodoh, jikalau blog gres muncul dan melaksanakan copy-paste terhadap blog lama, otomatis google tidak akan menyampaikan peringkat SERP di search engine dari artikel yang dicopas, walaupun terkadang ada copaser yang beruntung dan justru menempati page ONE, mengalahkan artikel aslinya.

Saran saya, kembangkan dulu blog anda semoga menjadi besar, mempunyai traffic besar, dan popularitas yang tinggi, gres kemudian anda memikirkan cara bagaimana anda harus menimbulkan blog anda sebagai sumber penghasilan.

*Saran #2: Jangan Berkhayal: "Jika Saya Menjadi Seorang Blogger, Saya Akan Menjadi Orang Kaya"
Percaya atau tidak, ngeblog itu tidak ada bedanya dengan pekerjaan di dunia nyata, alasannya yaitu penghasilan yang didapat tergantung pada perjuangan yang dibuat. Semakin besar perjuangan yang anda lakukan, semakin besar pula hasil yang anda dapat.

Jika anda hanya bersantai santai dan meremehkan pekerjaan sebagai seorang blogger, jangan harap anda mendapatkan sepeser dollar pun dari blog anda.

*Saran #3: Buatlah Artikel Dengan Santai, dan Jangan Terburu Buru
Tak ada yang instan, bahkan para master SEO ataupun blogging tidak akan bisa membuat blog yang gres dibentuk menempati peringkat 1 di halaman pencarian hanya dalam waktu 1 hari, semuanya membutuhkan proses.

Namun jikalau diminta menyebutkan, mungkin ia yaitu Andrew Darwis, sang pemilik situs lembaga terbesar di indonesia, Kaskus, yang menghasilkan ratusan, atau mungkin milyaran rupiah dari situs miliknya tersebut.

Load Comments

Subscribe Our Newsletter