Halaman

    Social Items

Kode Html Yang Harus Di Kuasai Blogger Part 2


Kode Kode HTML Dasar pada belahan ke-2 ini akan kita lihat secara terang mengenai symbol (simbol-simbol), pembuatan paragraf, dan cara peletakan dan hasil jadi dari Tag H1 hingga dengan H6, yang sebelumnya kita sudah membaca Belajar Kode-kode HTML Dasar.

Kita simak saja dibawah ini...



HEADER ATAU KEPALA TULISAN

Header yaitu huruf-huruf berukuran khusus yang digunakan untuk menuliskan judul belahan atau sub bab. Ada enam tingkatan header mulai dari H1 hingga H6. H1 yaitu header yang paling besar dan H6 yaitu header yang paling kecil. Coba tulis dalam Notepad anda sebagai berikut:

<HTML><BODY>
<H1>Header level 1</H1>
<H2>Header level 2</H2>
<H3>Header level 3</H3>
<H4>Header level 4</H4>
<H5>Header level 5</H5>
<H6>Header level 6</H6>

<HTML><BODY> Simpanlah dalam format file HTML kemudian buka dalam browser. Hasilnya akan tampak sebagai berikut:

Header level 1

Header level 2

Header level 3

Header level 4

Header level 5
Header level 6
Note : Pada bagia Tag "Header level 1" berwarna orange dan diberi garis bawah, alasannya yaitu ada efek dari template saya sendiri. Seharusnya warna dan goresan pena sama dengan Tag "Header level 2 hingga 5", hanya goresan pena lebih besar dari Tag "Header level 2".

BARIS DAN PARAGRAF
Sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara menciptakan baris dan paragraf. Biasanya, untuk menciptakan baris baru, kita lakukan dengan menekan tombol Enter. Bagaimana dengan dokumen HTML? Cobalah menciptakan goresan pena berikut pada Notepad:
<HTML><BODY>
Baris pertama
Baris kedua
Baris ketiga
<HTML><BODY>

Simpanlah sebagai file HTML kemudian bukalah dalam browser. Bagaimana hasilnya? Ternyata balasannya hanya menyerupai ini:
Baris pertama Baris kedua Baris ketiga. 

Kesimpulannya, pemfokusan tombol Enter tidak menghasilkan baris dalam tampilan browser. Demikianlah sifat penulisan dokumen HTML. Lantas, bagaimana caranya menciptakan baris? Gunakanlah tag <BR>. Tag ini tidak memiliki tag penutup. Bukalah source arahan file HTML tadi kemudian edit menyerupai berikut:
<HTML><BODY>
Baris pertama

<BR>Baris kedua
<BR>Baris ketiga
</HTML></BODY>

Simpan kemudian lihat balasannya dengan me-refresh pada browser. Hasilnya kurang lebih akan menyerupai ini:
Baris pertama
Baris kedua
Baris ketiga

Membuat baris kalimat, praktis kan ? Tag <BR> tersebut sanggup pula digunakan untuk menciptakan baris kosong, artinya baris yang tidak memiliki kalimat apa-apa. Editlah sekali lagi source code latih4.htm menjadi menyerupai ini:
<HTML><BODY>
Baris pertama<BR><BR>Baris kedua kosong, dan ini baris ketiga<BR><BR><BR>Baris keempat dan kelima kosong, dan ini baris keenam
</BODY></HTML>

Simpan kemudian refresh sekali lagi maka balasannya akan menyerupai ini:
Baris kedua kosong, dan ini baris ketiga

Baris keempat dan kelima kosong, dan ini baris keenam

Di sini kita lihat bahwa tag <BR> yang ditulis dua kali akan menghasilkan dua baris, demikian seterusnya. Setelah arif menciptakan baris, kini kita akan berguru menciptakan paragraf. Perhatikanlah referensi goresan pena di bawah ini:
<HTML><BODY>
Paragraf pertama <P>Paragraf kedua <P>Paragraf ketiga
</BODY></HTML>

Bila dilihat dalam browser, balasannya akan menyerupai ini:
Paragraf pertama
Paragraf kedua
Paragraf ketiga

Dengan berpatokan pada referensi penggunaan tag <P> di atas, cobalah buat file HTML dengan memakai Notepad sehingga menghasilkan dokumen HTML yang akan tampak di browser menyerupai ini:
World Wide Web (WWW) merupakan sebuah sistem dimana warta (teks, gambar, suara, dan lain-lain) dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan sanggup diakses oleh sebuah peraga WWW (yang sering disebut sebagai browser).
Informasi di WWW pada umumnya ditulis dalam bentuk HTML (Hypertext Markup Language). Selain itu, warta lain sanggup berupa gambar (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). 

Untuk menghasilkan tulisan-tulisan di atas, kita akan memilih source code terlebih dahulu. Jika sumbernya kalimat diatas, maka arahan sumbernya kira-kira sebagai berikut:
<HTML><BODY>
<B>World Wide Web</B> (WWW) merupakan sebuah sistem dimana warta (teks, gambar, suara, dan lain-lain) dipresentasikan dalam bentuk <I>hypertext</I> dan sanggup diakses oleh sebuah peraga WWW (yang sering disebut sebagai <U>browser</U>).
<P>Informasi di WWW pada umumnya ditulis dalam bentuk HTML (Hypertext Markup Language). Selain itu, warta lain sanggup berupa: gambar (dalam format GIF, JPG, PNG), bunyi (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World).
</HTML></BODY>

Simpanlah file di atas kemudian buka dalam browser.

NOTASI KHUSUS
Kita telah mengetahui bahwa browser tidak mengenal pembuatan baris dengan tombol Enter. Disamping itu, browser juga tidak mengenal pembuatan spasi lebih dari satu spasi dengan menekan tombol Spasi ataupun tombol Tab. Nah, bagaimana caranya menciptakan lebih dari satu spasi dalam dokumen HTML? Pembuatan spasi dalam kode-kode HTML diganti goresan pena &nbsp; menyerupai yang sanggup kita lihat pada referensi berikut ini:
<HTML><BODY>
kata-kata ini diantarai satu spasi sedangkan<br>kata-kata &nbsp;&nbsp;&nbsp; ini &nbsp;&nbsp;&nbsp; diantarai &nbsp;&nbsp;&nbsp; lima &nbsp;&nbsp;&nbsp; spasi
</HTML></BODY>

Bila dilihat dalam browser balasannya akan menyerupai ini:
Kata-kata ini diantarai satu spasi sedangkan kata-kata     ini     diantarai     lima     spasi

Disamping notasi untuk pembuatan spasi (&nbsp;) ada lagi sejumlah notasi khusus untuk penulisan karakter-karakter tertentu. Karakter-karakter ini harus dituliskan dengan notasi khusus mengingat karakter-karakter ini digunakan juga sebagai kode-kode tag atau alasannya yaitu memang tidak dijumpai dalam karakter teks ASCII. Berikut beberapa diantaranya:
Karakter Keterangan Notasi
< kurung runcing buka &lt;
> kurung runcing tutup &gt;
& dan &amp;
" tanda petik ganda &quot;
+ tanda plus minus &plusmn;
© hak cipta atau copyright &copy;
® terdaftar atau registered &reg;

Misalnya kita akan menciptakan goresan pena menyerupai ini:
Tip & Trik ini disajikan untuk para "pemula". Banyaknya ± 75 artikel. Dan setiap artikel terdaftar® dalam direktorat hak cipta©. 
<harap maklum>

Beginilah cara penulisannya dengan bahasa HTML:
<HTML><BODY>
Tip &amp; Trik ini disajikan untuk para &quot;pemula&quot;. Banyaknya &plusmn; 75 artikel. Dan setiap artikel terdaftar&reg; dalam direktorat hak cipta&copy;. <br>&lt;harap maklum&gt;.
</HTML></BODY>

MENAMPILKAN APA ADANYA
Meskipun browser tidak mengenali spasi lebih dari sekali , tabulasi dan pembuatan baris dengan enter, namun dengan memakai tag <PRE> maka browser akan menampilkan teks apa adanya, maksudnya spasi dianggap spasi, tabulasi dianggap tabulasi dan enter dianggap enter. Bahkan font-nya pun muncul sesuai aslinya. Begini contohnya:
<HTML><BODY>
<PRE>
<B>Pantun Petuah</B>

Berakit-rakit     ke hulu
Bersenang-senang kemudian

    Bersakit-sakit     dahulu
    Bersenang-senang kemudian
</PRE>
</BODY></HTML>

Simpanlah file di atas sebagai file HTML kemudian tampilkan dalam browser, balasannya akan menyerupai ini:
Pantun Petuah  Berakit-rakit     ke hulu Bersenang-senang kemudian       Bersakit-sakit     dahulu      Bersenang-senang kemudian



Demikian artikel Kode Kode HTML Dasar pada belahan ke-2 ini dengan cita-cita ada manfaat buat semuanya (",)



Load Comments

Subscribe Our Newsletter