Halaman

    Social Items

Cara Setting Keyboard Android Ke Bahasa Arab Lengkap

Kangkomar.net - Cara untuk mengubah keyboard android menjadi keyboard arab akan kangkomar jelaskan pada kesempatan kali ini, simak klarifikasi lengkapnya hanya di Tujuan goresan pena ini yaitu bagaimana cara melaksanakan settings on–screen keyboard pada perangkat android untuk penulisan bahasa arab. On-screen keyboard yaitu keyboard virtual yang muncul ketika kita ingin mengetik SMS, WA, BBM atau aplikasi lainnya. Di sini sifatnya hanya menambah fungsi keyboard android. Di samping dapat menulis aksara latin yang biasa kita gunakan selama ini, juga dapat dipakai untuk menulis aksara Arab atau bahasa yang lainnya menyerupai aksara China, Jepang atau lainnya. Di sini kita mencotohkan dengan penulisan untuk bahasa Arab.


Perlu kami garis bawahi bahwa, settings ini hanya menambah fungsi keyboard perangkat android TIDAK merubah bahasa perangkat android secara keseluruhan. Jika selama ini perangkat android anda memakai bahasa Indonesia atau Inggris, dengan settings ini perangkat android anda tetap memakai bahasa Indonesia atau bahsa Inggris alasannya yaitu hanya menambah fungsi keyboard perangkat android anda saja.

Ada dua cara untuk melaksanakan settings ini.

Cara 1:


  1. Dari sajian klik Settings
  2. Di bawah bab personal > Language & input
  3. Di bawah bab Keyboard & input methods > Android Keyboard
  4. Nama android keyboard berbeda-beda tergantung brand perangkat android:
  5. Untuk Samsung > Samsung Keyboard
  6. Untuk Asus > ZenUI Keyboard
  7. Untuk lainnya tergantung brand perangkat android nya, umumnya namanya Android keyboard.
  8. Klik Input languages
  9. Secara default (bawaan perangkat android) pada “Use system language” tercentang atau ON. Klik bab ini untuk menghilangkan tanda centang tersebut (Un-check). Jika “Use system language” masih tercentang, kita tidak dapat menentukan atau mengaktifkan pilihan bahasa Arab atau lainnya.
  10. Di bawah bab “Active input methods” klik atau centang Arabic atau bahasa lainnya. Selesai

Cara 2:


  • Buka aplikasi apa saja yang memunculkan on-screen keyboard pada perangkat android, menyerupai Note, SMS, WA, BBM dan lainnya.
  • Pada keyboard yang muncul klik bab Settings dengan ikon bergambar roda gigi. Atau klik bab sajian pada keyboard tersebut dengan ikon bergambar titik tiga vertikal, kemudian klik keyboard settings.
  • Klik Inputs language.
  • Klik pada “Use system language” untuk menghilangkan tanda centang (uncheck) atau off-kan.
  • Di bab “Active input methods” pilih Arabic atau lainnya.
  • Jika ingin kembali ke settings semula, keyboard hanya berfungsi untuk penulisan aksara latin saja, anda tinggal mengatifkan atau memberi tanda centang pada “Use System language”. Jika ini dicentang atau aktif, maka scara otomastis bahasa perhiasan menyerupai Arabic atau lainnya akan terhapus atau tidak aktif. Baca juga "Trik diam-diam android"

Memperbesar huruf-huruf pada keyboard

"Cara mengatasi smartphone yang lemot"

Caranya:


  1. Dari sajian awal, Klik Settings
  2. Di bawah bab Device, klik Display
  3. Klik Font size, pilih atau centang Large atau Huge. Terlihat perubahan besarnya goresan pena pada layar.
  4. Silahkan lihat hasil goresan pena dalam bahasa Arab dan bandingkan dengan sebelumnya. Settings ini hanya kalau dibutuhkan saja, kalau anda sudah terbiasa dengan penulisan aksara Arab gundul, settings ini tidak dibutuhkan lagi.
Selamat mencoba dan biar berhasil salam sukses dan hingga jumpa sahabat jangan lupa untuk memperlihatkan komentar di bawah ini, salam sukses dan hingga jumpa.
Load Comments

Subscribe Our Newsletter